Pages

Kamis, 24 November 2016

tugas dan tanggung jawab admin server




Tugas server Administrator
  1. Seorang server administrator memiliki kontrol keseluruhan dari server.
  2. Server administrator adalah seseorang yang memegang kendali penuh terhadap segala kegiatan administrasi dari keseluruhan server komputer yang dijalankan. 
Kemampuan Seorang Admin Server
  1. Basic Hardware Networking, seorang admin harus mengenal berbagai macam hardware serta fungsinya dalam sebuah jaringan. Misalnya: Switch/Hub, Wireless, Access Point, dll.
  2. Basic IP and Subnetting, adalah hal yang sangat penting karena ini inti dari jaringan yaitu IP dan Subnetting. Seorang admin harus mengetahui bagaimana mengatur penomoran IP yang baik dan efisien sehingga mencegah broadcasting, mengatur gateway, mikrotik, dll. 
  3. Technology Switching and Routing,dibutuhkan jika jaringan yang ditangani lebih dari satu, sehingga admin harus bisa melakukan routing terhadap jaringan sehingga user dapat terkoneksi dengan baik. 
  4. Technology Server, adalah technologi yang berhubungan dengan Server, DHCP, DNS, dll. Intinya adalah memberikan service yang dibutuhkan untuk client. 
  5.  Security, jika sebuah jaringan telah terbentuk dengan baik, seorang admin harus memperhatikan masalah security mulai dari server, router, sampai membuat IDS untuk mendeteksi serangan. 
  6. Monitoring,  mencakup semua hal baik dari infrastruktur maupun dari sisi server. Semakin baik monitoring maka tugas admin semakin mudah. 
  7. Backup,  hal yang sering dilupakan oleh para Network Administrator adalah backup. Seorang admin network yang baik mempunyai jadwal backup sistemnya, baik secara deferensial maupun full backup.


Tanggung Jawab Server Administrator 
  1. Menganalisis server dan mengidentifikasi potensi masalah dengan komputer server.
  2. Rutin melakukan audit terhadap perangkat server 
  3. Menerapkan sistem operasi update, patch, dan perubahan konfigurasi. 
  4. Menginstal dan mengkonfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak. 
  5. Menambahkan, menghapus, atau memperbaharui account pengguna informasi, reset password, dll. 
  6. Tanggung jawab untuk keamanan server dan sistemnya. 
  7. Troubleshooting server dan sistemnya

0 komentar:

Posting Komentar